Khasiat Kapulaga DI ROKOK CIGARSKRUIE

Kapulaga (Elettaria cardamomum) merupakan rempah yang berasal dari India dan biasa digunakan dalam masakan-masakan India. Di berbagai belahan dunia pun,kapulaga telah cukup dikenal sebagai bumbu masakan. Yang tampaknya belum banyak dikenal ialah khasiat kapulaga bagi kesehatan tubuh. Biji kapulaga sering digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan.

Kapulaga telah digunakan untuk mengatasi heartburn, sakit maag, sindrom iritasi usus, gas berlebih, sembelit, masalah liver dan kantong empedu, juga untuk menambah nafsu makan. Rempah ini juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan flu biasa, batuk, bronkitis, serta radang tenggorokan. Beberapa orang menggunakan kapulaga sebagai obat pelancar pembuangan urin.

Berikut adalah sejumlah khasiat kapulaga bagi tubuh Anda:
Pencernaan—Kapulaga masih ada hubungannya dengan jahe dan bisa berfungsi seperti jahe untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam kapulaga dibuktikan mampu meredakan sakit perut dan menjadikan kapulaga solusi ideal untuk meringankan beragam masalah pencernaan, seperti sembelit atau disentri. Aroma kapulaga juga bisa meningkatkan nafsu makan dan membantu meringankan mulas. Untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi biji kapulaga langsung atau mencampurkannya dalam masakan, bisa juga dijadikan teh.

Detoksifikasi racun—Rempah kapulaga membantu tubuh dalam menetralisir serta membuang limbah racun keluar tubuh melalui ginjal.

Bau mulut—Di India, banyak yang terbiasa menguyah kapulaga sehabis makan atau kapanpun mereka merasa butuh menyegarkan bau nafas. Memang, kapulaga merupakan salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut). Bahkan kapulaga sudah diolah menjadi permen karet yang sanggup untuk menghilangkan bau mulut yang paling tidak enak sekalipun.

Diuretik—Salah satu alasan kenapa kapulaga adalah penetralisir racun yang efektif ialah berkat kemampuan diuretiknya. Khasiat kapulaga ini membantu membersihkan saluran pencernaan, kandung kemih, dan ginjal dengan membuang limbah tubuh, garam, kelebihan air, racun, serta memberantas infeksi.

Depresi—Minyak kapulaga bisa ditambahkan ke dalam air untuk mandi berendam sebagai dalam bentuk aromaterapi. Aromaterapi kapulaga bisa membantu Anda melawan depresi atau sekadar mengurangi stres. Bubuk biji kapulaga juga bisa dijadikan teh untuk mendapatkan manfaat yang serupa.

Kanker--Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua fitokimia ini dikenal luas sebagai pelawan kanker, secara khusus membantu menangkal kanker yang berkaitan dengan respon hormon—misalnya kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang limpah, menambahkan khasiat kapulaga untuk memberi perlindungan terhadap dampak penuaan dan stres, serta dampak radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Jelas bahwa khasiat kapulaga bukan hanya sebagai penyedap masakan. Belakangan ini, minyak kapulaga sedang diteliti oleh para ilmuwan untuk mengetahui khasiat terapinya yang selama berabad-abad telah digunakan untuk mengatasi depresi atau perasaan tidak enak badan biasa. Ini semakin menegaskan khasiat kapulaga yang cukup luar biasa bagi kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment

Rokok CigarsKruie